Bagaimana cara mencuci Laundry Kiloan dirumah

Dewasa ini, jenis usaha laundry kiloan rumahan makin banyak sekali diminati karena selain membutuhkan modal yang minim sudah bisa membuka usaha laundry, kini makin banyaknya aktfitas diluar rumah membuat banyak pelanggan sudah tidak punya waktu untuk mencuci sendiri. Kesibukan dan sara malas mencuci dirumah menjadikan jasa usaha laundry atau cuci kiloan kini telah dianggap sebagai solusi yang sangat praktis dan efisien dalam menghemat waktu. Jika saat ini anda telah memiliki usaha laundry baru, berikut beberapa cara mencuci laundry kiloan dirumah.

Paket Usaha Laundry Fiesta
Paket Usaha Laundry Fiesta

Tata cara menerima pakaian laundry.

Seiring waktu jika usaha anda semakin berkembang, tentunya makin banyak pelanggan yang datang ke tempat usaha laundry anda. Dan hal pertama yang anda harus kuasai adalah bagaimana menerima pakaian laundry yang masih kotor. Catat semua pakaian yang hendak dicuci dengan teliti. Hitung semua nya dan pastikan tidak ada yang terlewatkan, teliti catatan anda karena kadang menghitung jumlah pakaian tidak hanya mengalami kekurangan saat menghitung, namun yang harus diantisipasi adalah kelebihan pada saat menghitung pakaian laundry. Tanyakan kepada pelanggan anda apakah ada jenis pakaian yang berbahan khusus ketika hendak dilaundry. Pastikan jumlah dan jenis kain sebelum pelanggan meninggalkan tempat laundry.

Lakukan penimbangan dengan baik dan seksama, sebelum mencatat pastikan jenis layanan laundry apa yang akan dipilih antara laundry cuci kiloan dan satuan. Jelaskan pada keterangan mengenai berapa lama waktu layanan dan beritahukan total harganya. Untuk penerimaan pakaian, gunakanlah nota atau invoice yang terdiri dari tiga lapis. Lapisan pertama diberikan kepada konsumen sebagai bukti pembayaran jika konsumen telah melunasi pembayaran. Lapisan kedua diberikan kepada konsumen apabila konsumen belum melunasi pembayaran cuci laundry kiloan. Dan lapisan ketiga disimpan sebagai arsip pembayaran. Selalu lakukan prosedur ini pada setiap konsumen, agar tidak terjadi pakaian tertukar antara satu konsumen laundry dengan konsumen laundry lainnya.

Proses pencucian

bila pada tempat usaha laundry Anda menggunakan alat tag gun, maka gunakan tag gun untuk menandai masing-masing pakaian pelanggan yang menggunakan usaha jasa laundry milik anda. dengan memberikan tag label maka kecil kemungkinan pakaian tertukar pada saat Anda mencuci secara bersamaan.

pada saat mencuci, gunakan selalu deterjen yang berkualitas agar dapat menghasilkan hasil cucian yang bersih dan optimal. jika ingin menghasilkan hasil cucian yang lebih wangi dan lembut pada pakaian, maka tambahkan pewangi atau softener.menggunakan softener juga dapat memudahkan proses setrika agar tidak memakan waktu yang lebih ini dikarenakan softener dapat membuat serat kain menjadi lebih lembut.

Proses pengeringan pakaian laundry

Pengeringan pada saat selesai mencuci haruslah dilakukan dengan sampai pakaian benar-benar kering. Bila telah memasuki musim hujan dan anda khawatir pakaian tidak kering, maka sudah waktunya Anda berinvestasi dengan menambah mesin pengering laundry berbahan bakar gas. Mesin pengering laundry berbahan bakar gas menjadikan proses pengeringan menjadi lebih efisien. Pahami betul tentang beberapa jenis pakaian yang rentan sekali rusak akibat hawa panas. pisahkan beberapa pakaian yang rentan dengan hawa panas dengan yang tidak untuk memudahkan proses pengeringan.

Proses setrika pakaian laundry

Jika pakaian sudah kering dan benar-benar kering maka yang dilakukan selanjutnya adalah menyetrika pakaian laundry. Jika ada mesin menggunakan setrika listrik, pastikan anda memahami berapa derajat suhu panas yang harus dihantarkan oleh setrika listrik pada jenis kain tertentu. namun jika Anda menggunakan setrika uap gas boiler.itu akan memudahkan anda dalam menyetrika sekaligus mempercepat waktu karena tidak perlu lagi Anda mengatur suhu panas karena ada sistem otomatis juga tidak perlu menggunakan tenaga besar karena uap lah yang bekerja untuk menyetrika bukan tenaga pendorong dari kepala setrika.

Pada saat proses menyetrika telah selesai, diamkan terlebih dahulu pakaian tersebut sebelum anda memasukkan ke dalam plastik kemasan atau Anda meletakkannya dalam lemari. Biarkan sampai pakaian agak dingin agar nantinya pakaian tersebut tidak menjadi apek. Gunakan pewangi khusus atau parfum laundry yang akan memberikan efek menyegarkan pada pakaian. Lakukan pengepakan dengan benar-benar rapi tanpa ada celah agar nantinya pakaian tidak kembali kusut saat dimasukkan ke dalam plastik atau dibawa di dalam tas plastik. Berilah kemudahan kepada konsumen pada saat membawa pakaian dengan menggunakan tas yang menyulitkan konsumen untuk membawa pakaian.

Kami melayani jual setrika uap gas laundry dengan garansi selama 2 tahun dan promo tertentu pada hari-hari tertentu dengan cash back. Kami juga menjual meja setrika uap dengan harga murah.

Cara menyimpan pakaian setelah di laundry

Simpan pakaian pada tempat khusus menggunakan rak tersendiri agar nantinya Anda mudah untuk mencari pakaian tersebut. Masukkan invoice ke dalam plastik yang berisi pakaian agar nantinya memudahkan untuk memeriksa status pakaian tersebut sudah dibayar atau belum.

Usaha laundry kiloan membutuhkan ketelitian serta kecepatan dalam bekerja. Semakin berpengalaman dan terampil anda dalam mengerjakan pakaian yang dicuci maka otomatis kepercayaan konsumen kepada anda akan semakin meningkat hal tersebut akan menyebabkan semakin meningkatnya usaha laundry anda. Marketing yang terbaik adalah pelanggan anda sendiri.

Demikian beberapa tips cara mencuci laundry kiloan di rumah yang bisa anda gunakan untuk menjalankan usaha laundry rumahan. Jika anda hendak membuka usaha laundry dan tidak ingin ribet untuk memberi peralatan laundry. Maka kami pun menjual jasa paket usaha laundry kiloan. Kami siap membantu anda dengan konsultasi dan training secara gratis selamanya. Terima kasih selamat mencoba.