Cara membuka usaha laundry untuk pemula

Jika saat ini anda sedang untuk membuka usaha laundry, maka saat inilah sedang berada pada situs yang tepat. karena dalam postingan ini akan kami menjelaskan bagaimana cara membuka usaha laundry untuk pemula.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat usaha. Tempat usaha bisa menggunakan tempat khusus seperti kita membuka bisnis atau usaha yang lainnya. Namun jika kita masih terkendala modal untuk menyewa atau membeli tempat bisnis baru hendaknya kita bisa memulai membuka usaha laundry di rumah pribadi atau rumah kontrakan milik kita sendiri.

Pastikan kita membuat suasana kerja di rumah dengan sangat nyaman terutama bagi para customer yang datang untuk mencuci pakaian mereka. Lengkapi rumah anda dengan beberapa media promo untuk meramaikan serta menghidupkan suasana bisnis usaha laundry anda. Pasang spanduk di depan tempat usaha laundry anda atau di lingkungan area sekitar tempat usaha anda. Jika lokasi anda berada di dalam didalam pelosok atau di dalam perumahan dan tempat terpencil lainnya alangkah baiknya anda menggunakan banner tambahan di ujung jalan atau gang rumah Anda ini akan memungkinkan pelanggan mengetahui bahwa di area sekitar tersebut terdapat usaha laundry kiloan.

Mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membuka bisnis laundry sebagai penghasilan tambahan, pada artikel di bawah ini akan dibahas lengkap mengenai bisnis laundry dan berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha laundry yang baik.

Modal usaha bisnis laundry kiloan

jika kita hendak membuka bisnis laundry tentu hal utama yang harus kita persiapkan serta pertimbangkan adalah berapa modal usaha yang kita punya dan berapa yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha laundry. Untuk memulai usaha laundry sebenarnya tidak terlalu banyak membutuhkan modal yang besar jika anda bisa meminimalisir dan mengetahui apa saja peralatan inti untuk memulai sebuah usaha laundry.

Perkiraan modal usaha laundry

Perlengkapan
Mesin cuci Rp. 1.500.000 SD/ Rp. 3.000.000
Mesin pengering Rp. 1.500.000 SD/ Rp. 3.000.000
Timbangan laundry kapasitas 15 kg Rp. 80.000 SD/ Rp. 200.000
Setrika listrik Rp. 100.000 SD/ Rp. 200.000
Setrika Uap Rp. 2.500.000 SD/ Rp. 5.000.000
Gantungan pakaian besi atau plastik Rp. 50.000 SD/ Rp. 100.000
Penjepit pakaian Rp. 100.000 SD/ Rp. 200.000
Deterjen pewangi dan pelicin pakaian Rp. 250.000 SD/ Rp. 300.000
Rak penyimpanan pakaian Rp. 300.000 SD/ Rp. 800.000
Media promo
Spanduk banner x-banner brosur daftar harga nota dan papan pengumuman Rp. 300.000

Dokumentasi Pemasangan paket Laundry
Dokumentasi Pemasangan paket Laundry

Kisaran harga diatas adalah kebutuhan dasar yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha laundry jika ditotal maka modal yang diperlukan berada dalam kisaran 5 juta sampai 7 juta tergantung di mana kita membeli perlengkapan laundry pada tempat masing-masing.

Memulai usaha laundry

Setelah kita mengetahui berapa estimasi biaya yang dibutuhkan dalam memulai usaha laundry maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana caranya memulai usaha laundry dengan cara yang baik dan benar agar kedepannya Anda bisa sukses dalam menjalankan usaha laundry.

Berikut beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum kita memulai usaha laundry.

1. Mengetahui cara mencuci pakaian dan cara mengeringkan pakaian laundry dengan baik dan benar sesuai dengan jenis pakaian atau jenis kainnya.

hal di atas sangatlah penting untuk anda ketahui karena pada setiap pakaian memiliki jenis atau bahan kain yang berbeda-beda, yang tentu saja bolu setiap jenis kain membutuhkan penanganan dan cara yang berbeda.

jangan samakan cara mencuci pakaian laundry dengan cara kita mencuci pakaian biasa di rumah, jika Anda belum betul menguasai cara mencuci pakaian laundry sebaiknya anda mencari tutorial di YouTube atau website atau bisa juga dengan membaca buku atau bertanya langsung kepada orang yang sudah pernah bekerja di laundry.

2. Mengetahui beberapa jenis kotoran atau noda yang menempel pada pakaian.

hal ini sangatlah penting karena setelah 6 mengetahui jenis pakaian dan menguasai beberapa jenis noda yang menempel pada pakaian sehingga memungkinkan anda untuk memilih deterjen yang tepat untuk menghilangkan noda atau kotoran pada pakaian tersebut. karena beberapa jenis pakaian tentunya akan rusak jika kita salah menggunakan beberapa deterjen dengan merek tertentu dan menggunakan bahan-bahan kimia tertentu.

3. Persiapkan biaya operasional beberapa bulan kedepan.

proses awal dalam membuka usaha laundry tentunya tidak akan langsung menghasilkan keuntungan yang banyak karena usahanya belum cukup dikenal dan belum memiliki banyak pelanggan. Untuk itu alangkah baiknya jika kita mempersiapkan biaya operasional untuk beberapa bulan kedepan sebelum usaha laundry kita berkembang dan mulai dikenal.

4. Pelajari kompetitor usaha laundry dan analisa tingkat resiko usaha laundry

mulailah dengan mempelajari atau mengenali semua kompetitor laundry yang berada di sekitar area rumah kita. Aktivitas kompetitor laundry sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor kita. Hal ini akan membuat kita selalu selangkah lebih maju dari pada kompetitor lainnya.

selalu melakukan survei lokasi meskipun usaha laundry sudah berjalan. Tetap perhatikan kembali area di sekitar tempat anda dan selalu update dengan aktivitas kompetitor. Hal ini dibutuhkan untuk supaya kita selalu maju dan selalu selangkah lebih maju.

Berikut beberapa tips sukses dalam menjalankan usaha laundry kiloan.

1. Pilih lokasi yang strategis
Dalam mengelola usaha apapun, tidak harus memperhatikan semua faktor termasuk faktor lokasi. Faktor lokasi yang tepat akan memudahkan kita untuk menjalankan usaha laundry. Namun bukan berarti namun bukan berarti berada dalam lokasi aku gak dapat besar anda tidak berjalan. Dengan memanfaatkan media promo yang baik serta strategi marketing yang tepat maka usaha anda dapat berkembang meskipun dalam lokasi yang tidak tepat.

Untuk usaha laundry sendiriuntuk usaha laundry sendiri lokasi yang paling tepat atau paling strategis adalah lokasi yang dekat dengan kampus area industri perkantoran atau kawasan yang sangat padat dengan penduduk.

2. Selalu memberikan pelayanan yang terbaik.
Usaha laundry termasuk dalam golongan bisnis pada bidang jasa. Makan nilai jual yang utama dalam bisnis ini adalah kualitas pelayanan. Pelayanan yang baik dan hasil laundry yang maksimal bisa menyebabkan pelanggan akan selalu kembalipelayanan yang baik dan hasil laundry yang maksimal biar menyebabkan pelanggan akan selalu kembali ke tempat laundry kita dikarenakan mereka puas dengan hasil kerja laundry yang kita miliki.

Begitu juga sebaliknya,kualitas pelayanan yang buruk membuat kita akan kehilangan banyak pelanggan kemudian harinya.

3. Berani bersaing harga.
tarif harga yang kita ber lakukan pada laundry milik kita harus lah dapat bersaing dengan bisnis laundry yang sudah ada sebelumnya. Jagoan mematok harga terlalu mahaljangan mematok harga terlalu mahal karena sebuah tanduk pelanggan akan lebih suka tenggara harga promo atau harga yang lebih murah. Ada kan harga promosi pada saat awal membuka usaha laundry atau pada hari-hari tertentu yang berkenaan dengan hari libur untuk memperkenalkan usaha dan kualitas pelayanan laundry.

Paket Usaha Laundry Fiesta
Paket Usaha Laundry Fiesta

4. Atur manajemen keuangan dengan baik.
Manajemen keuangan adalah suatu hal yang jangan sampai terlewati atau terlupakan dalam memulai bisnis laundry. Pastikan kita dapat membedakan antara biaya produksi dengan laba bersih. Agar nantinya kita bisa mengetahui berapa keuntungan bersih usaha laundry milik kita.

Jangan gunakan biaya operasional untuk membeli hal-hal lain yang tentunya akan dapat menghambat usaha laundry kita untuk berkembang. Tanpa manajemen keuangan yang baik buruknya kita akan kesulitan untuk menambah kuantitas produk laundry yang kita miliki.

5. Pengerjaan laundry dengan tepat waktu.
Pada dasarnya pelanggan laundry kita adalah orang-orang yang sibuk dan memiliki kegiatan yang sangat padat, karena tidak sempat mencuci di rumah maka pelanggan laundry menggunakan jasa kita. Maka membutuhkan waktu yang cepat dan tepat untuk memberikan hasil yang maksimal dan menjawab kebutuhan pelanggan laundry anda.

6. Tempat yang bersih steril dan higienis.
Mesti kita membuka usaha laundry di rumah sendiri,pastikan rumah kita benar-benar bersih higienis. Sehingga penataan pakaian di rumah anda akan tetap terlihat indah dan bersih.

Jika sekilas saja tempat laundry kita terlihat kotor. Maka akan mempengaruhi citra perusahaan anda.

Kesimpulan
jika ingin bener-bener menjalankan usaha laundry dan hendak meraih kesuksesan dalam usaha laundry maka persiapan dengan matang segala sesuatu dengan rinci. Jika anda mengawali usaha ini alangkah baiknya jika anda mengawali usaha ini alangkah baiknya anda terjun sendiri dan menghandle semua pekerjaan yang berhubungan dengan laundry.
Jika anda sudah menguasai dengan benar barulah Anda bisa memperkerjakan karyawan untuk bekerja.