Modal bisnis laundry – bagian 3

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya itu modal bisnis laundry bagian 2.

contoh buka usaha laundry dengan modal bisnis minimal 16jutaan

Pada bahasan kali ini adalah lebih menekankan rincian modal bisnis laundry kiloan dengan kapasitas kecil dengan modal usaha sekitar 10 jutaan.

Setiap orang pasti ingin memiliki bisnis sendiri, ini merupakan cita-cita semua orang pada saat sudah menginjak usia mendekati 40 tahunan. Kebanyakan orang yang sudah mendekati usia senja ingin menggunakan uang pensiunnya atau sisa hasil tabungannya untuk membuka usaha sendiri.

Membangun sebuah usaha tidaklah mudah, awal membuka usaha anda menghadapi banyak tantangan serta rintangan yang menghadang yang akan membentuk mental Anda nantinya menjadi seorang usahawan yang mantap dan tidak ragu untuk mengembangkan usaha sampai menuju kesuksesan.

Pada setiap usaha kendala utamanya adalah modal usaha. bagi mereka-mereka yang pesimis maka kebanyakan gugur untuk memulai berwirausaha karena tidak memiliki modal usaha yang cukup. Lain halnya dengan mental pengusaha yang akan terus berusaha untuk membuka usaha sendiri meskipun tidak memiliki modal usaha.

Paket Usaha Laundry Master
Paket Usaha Laundry Master dengan modal bisnis laundry skala besar

Salah satu jenis usaha yang tidak harus memiliki modal besar ialah dengan membuka usaha laundry kiloan. Hanya dengan memiliki sebuah mesin cuci ditambah sebuah mesin pengering dan setrika anda sebenarnya sudah bisa membuka usaha laundry kiloan sendiri.

Berikut yang dijabarkan rincian modal bisnis laundry kiloan serta beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk memulainya.

1. Tentukan target pasar sebelum menentukan lokasi.

lokasi yang baik menentukan bagaimana perkembangan usaha anda nantinya


Perhatikan target pasar anda karena tidak mungkin anda membuka laundry di tempat yang jauh dari keramaian. Target pasar Anda adalah mereka yang malas untuk mencuci sendiri. Kebanyakan yang menggunakan jasa laundry adalah pekerja kantoran yang terlalu, mahasiswa, dan tentu saja anak kos. Carilah lokasi yang dekat dengan anne-marie hubungan tersebut.

2. Hitung perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry.


Ini sudah kita bahas pada tulisan sebelumnya namun kali ini ni yang perlu dicatat adalah beberapa perlengkapan sederhana untuk pemula. Anda bisa memanfaatkan apa yang sudah anda miliki di rumah untuk memulai usaha laundry. Sebagai contoh adalah ember, gantungan baju, jepitan baju, dan setrika. Tentunya hal itu adalah peralatan yang sudah dimiliki oleh rumah tangga pada umumnya. Yang perlu Anda beli adalah sebuah mesin cuci dan mesin pengering saja.

Untuk mesin cuci dan dan mesin pengering anda tidak perlu membeli yang baru karena modal usaha laundry yang sedikit bisa anda manfaatkan untuk menambah perlengkapan yang lain seperti meja setrika atau meja front office.

3. Persiapkan berbagai macam pengeluaran secara rinci.


Perhatikan dan lakukan perhitungan secara rinci pada setiap pengeluaran yang akan dikeluarkan untuk biaya operasional dalam memulai usaha laundry. Jangan lupa bahwa usaha laundry membutuhkan air lebih banyak daripada Anda mencuci di rumah. Biaya listrik sebagai penunjang mesin-mesin laundry juga harus diperhitungkan. Jika anda memiliki modal bisnis laundry yang cukup maka belilah pengering laundry yang sudah dikonversi menggunakan bahan bakar gas elpiji karena tentu saja akan menghemat energi dan biaya di kemudian hari.

4. Pelajari cara teknik mencuci mengeringkan dan menyetrika dengan baik.


Kami sudah membahas ini pada postingan sebelumnya tentang bagaimana cara mendapatkan teknik mencuci dan menerima serta menyetrika pakaian laundry dengan baik.
Banyak faktor yang harus diperhatikan selain jenis pakaian, jenis kain, warna pakaian, tingkat kelenturan dan kekuatan serta pakaian dengan bahan-bahan khusus. Anda harus jeli untuk memisah pakaian-pakaian tersebut dengan pakaian lainnya.

Gunakan deterjen dan pelembut pakaian yang tepat karena jika anda salah menggunakan deterjen maka hasil cucian tidak akan maksimal dan membuat pelanggaran tidak akan kembali menggunakan jasa laundry anda.

5. Sebelum membuat media promo buatlah lugu dan nama laundry terlebih dahulu.


Logo dan nama laundry adalah jantung dari media promo. Gunakan nama laundry yang mudah diingat serta familiar, serta gunakan logo yang berhubungan dengan laundry. Kami sudah membahas pada tulisan ini bagaimana cara memilih nama laundry yang baik dan benar.

6. Setarakan jasa laundry anda dengan harga rata-rata kompetitor.


Jangan mematok harga yang tinggi pada saat awal membuka usaha laundry. Gunakan harga yang sama dengan harga kompetitor di area sekitar lingkungan Anda. perhitungkan pula jasa antar jemput di area sekitar anda karena harga laundry dengan sistem antar jemput tentu saja berbeda dengan harga laundry biasa.

7. Manfaatkan teknologi internet untuk promosi usaha laundry anda.


Selain menggunakan media promosi berupa brosur dan lain sebagainya, cara mudah untuk mempromosikan usaha anda dengan modal bisnis laundry yang minim ialah dengan memanfaatkan internet untuk media promosi. Saat ini sudah banyak sosial media bertebaran dan sangat mudah diakses oleh siapa saja dari sebuah telepon genggam. Manfaatkanlah moment tersebut untuk mempromosikan usaha anda melalui sosial media. Gunakan Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya untuk mempromosikan usaha anda dan berikanlah konten-konten promo setiap bulannya.

Kami supplier laundry menyediakan paket buka usaha laundry kiloan yang dapat menyesuaikan dengan modal usaha yang anda miliki. Anda tinggal duduk di rumah yang kami akan mempersiapkan semuanya termasuk media promosi dan marketing plan usaha laundry. Jangan ragu untuk menghubungi customer service kami akan melayani tanya jawab seputar usaha laundry gratis 24jam.