Tutorial proses pengerjaan laundry kiloan

Tutorial Laundry
Tutorial Laundry

Usaha laundry adalah salah satu usaha yang saat ini sangat banyak diminati oleh pengusaha muda. ini terbukti dari mulai menjamurnya usaha laundry kiloan di berbagai sudut kota dan di pinggir-pinggir jalan. Produsen produk laundry terus berinovasi untuk memudahkan para pelaku usaha laundry mendapatkan hasil maksimal dan praktis.

Diantara layanan laundry, salah satu layanan laundry yang paling banyak diminati adalah usaha laundry kiloan. Selain harganya murah dibanding menggunakan jasa laundry satuan, usaha laundry kiloan juga tergolong pelayanan cepat dan praktis. Lalu bagaimana cara mengelola usaha laundry kiloan agar cepat dan praktis sehingga menghasilkan hasil pekerjaan yang maksimal? Berikut kami sampaikan tutorial proses pengerjaan laundry kiloan.

Yang pertama adalah proses penerimaan pakaian.

Tutorial yang pertama ialah bagaimana cara menerima pakaian dengan baik. Pada saat Anda bertemu dengan pemilik pakaian atau pelanggan untuk menerima layanan. Pastikan anda melakukan penghitungan pakaian dengan teliti. Cermati setiap pakaian yang dihitung sebelum menghitung berat total keseluruhan pakaian. Selain jumlah pakaian dan berat catatlah jenis kain dan berapa lama layanan cucian dari customer tersebut. Harga sekaligus nama customer.

Catatlah pada invoice atau nota yang terdiri dari tiga lapisan.
1. Lapisan pertama diberikan kepada konsumen jika pembayaran telah lunas.
2. Lapisan kedua diberikan kepada konsumen jika konsumen hanya membayar DP atau setengah harga. Dan juga lapisan kedua ini diberikan kepada konsumen yang belum membayar.
3. Lapisan ketiga disimpan untuk arsip sebagai bukti transaksi.

Agar tidak tertukar antara pakaian milik konsumen satu dengan yang lainnya letakkan nota di atas keranjang pakaian jika perlu direkatkan dengan selotip.

Jika anda memiliki tag gun, gunakan tag gun untuk menandai pakaian. Cara menandai pakaian adalah dengan menembakkan tag gun pada bagian leher. Setelah ditembakkan, maka gunakanlah bolpoin untuk memberikan kode berupa huruf alfabet disamakan dengan huruf alfabet pada nota. Dengan demikian maka pakaian antar pelanggan tidak akan tertukar.

Tutorial selanjutnya ialah proses pencucian.

proses pencucian pakaian laundry


Pada langkah ini menganjurkan anda untuk sangat berhati-hati sebelum mulai mencuci pakaian. Biasakan memilah jenis pakaian berdasarkan jenis kain satu persatu. proses ini sangatlah penting karena tidak sedikit pakaian yang rusak karena dicampur dengan pakaian lain, ya seharusnya tidak dicampur. Terkadang juga terdapat pakaian yang diharuskan untuk menggunakan perawatan khusus seperti kain sutra dan jas. Jika anda menemukan pakaian dengan label khusus seperti tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Maka lakukanlah pencucian manual. Pisahkan pakaian-pakaian tersebut dengan ember agar tidak tercampur satu dengan yang lainnya.

Gunakan sabun cuci khusus untuk mencuci laundry atau Anda bisa menggunakan deterjen khusus yang dicampur dengan softener, selalu gunakan deterjen atau softener yang berkualitas agar menghasilkan hasil cucian yang maksimal. Kemudian masukkan deterjen cuci khusus laundry ke dalam dispenser mesin cuci, selanjutnya masukkan softener khusus laundry lalu tunggu hingga proses pencucian selesai.

yang terakhir dari tutorial proses pencucian adalah proses pelembutan pakaian. Proses pembuatan ini sangatlah penting agar nantinya pakaian dapat nyaman pada saat digunakan. hati-hati dalam memilih softener terkadang beberapa kain tertentu dapat rusak jika menggunakan softener yang salah. Softener yang baik akan menghilangkan bau apek pada pakaian dan terbuat dari bahan lembut sehingga meresap ke serat kain. hal ini akan menyebabkan proses penyetrikaan akan berlangsung lebih cepat.

Tutorial selanjutnya ialah proses pengeringan pakaian.

pengeringan pakaian laundry

Pada tahapan yang satu ini anda harus benar-benar mengerikan pakaian sampai benar-benar kering. Pakaian dengan bahan-bahan tertentu seperti bahan lycra membutuhkan perhatian khusus. Beberapa pakaian seperti baju renang, sweater, jaket, topi dan beberapa pakaian berbahan parasut, harus dikeringkan dengan cara khusus karena menyebabkan pakaian rusak jika anda melakukan pengeringan pada mesin pengering lebih dari 20 menit.

Tutorial penyetrikaan laundry.

setrika pakaian menggunakan setrika uap laundry gas


pakaian dikeluarkan dari mesin pengering biarkan dulu sebentar sebelum menuju proses setrika. Lakukan proses setrika pakaian dengan hati-hati agar tidak kembali kusut dan pakaian benar-benar terlihat rapi. Jenis setrika sangat mempengaruhi hasil kualitas setrika. Pastikan anda menyetrika hingga sudut sudut sempit pakaian bahkan pada label pakaian, jika tidak maka beberapa jenis pakaian memiliki label yang menyebabkan rasa gatal pada saat pakaian dikenakan. Gunakan setrika uap khusus laundry agar hasil setrika bisa lebih maksimal.

Pada saat selesai menyetrika pakaian, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit sebelum anda memasukkan pakaian ke dalam plastik packing. Hilangkan terlebih dahulu sisa uap sebelum pakaian dimasukkan ke dalam plastik, jangan sekali-kali memasukkan pakaian dalam keadaan lembab atau masih berasap karena akan menyebabkan bau apek pada pakaian. Semprotan pewangi khusus pakaian laundry agar nantinya pakaian menjadi harum saat digunakan.

Tutorial packing pakaian laundry


Proses selanjutnya ialah proses pengepakan pakaian.pakaian boleh dimasukkan ke dalam plastik setelah kira-kira didiamkan selama 10 menit. Sesuaikan ukuran plastik dengan pakaian agar pakaian tidak kembali kusut saat dimasukkan ke dalam plastik. Gunakan ukuran plastik yang benar-benar pas karena kebanyakan konsumen memasukkan pakaian laundry ke dalam tas kemudian dijinjing. Jika anda tidak menggunakan plastik yang pas maka pakaian akan jatuh di dalam tas dan akan kusut kembali.

Yang terakhir ialah memasukkan pakaian kedalam rak khusus laundry. Kenapa laundry harus menggunakan rak khusus? Karena rak digunakan untuk memisahkan antara bagian milik customer satu dengan yang lainnya. biasakan untuk tidak mencampur pakaian di dalam rak karena khawatir nantinya akan tertukar dengan pakaian milik customer lain.

Demikian tutorial cara mengerjakan laundry dengan baik, semoga tulisan ini dapat membantu anda bagi pemula yang ingin membuka usaha laundry. Kami selaku supplier laundry siap membantu Anda kapan saja dan dimana saja untuk melancarkan usaha laundry anda.

Kami juga memiliki paket buka usaha laundry kiloan dengan harga murah, gratis training, dan gratis konsultasi seumur hidup. Terima kasih telah mengunjungi website kami.